Perencanaan Sebelum Mendaki Gunung Supaya Aman

Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang paling menyenangkan. Kita dapat merasakan keasrian alam bebas yang benar-benar menakjubkan. Untuk para master yang sudah bolak-balik menaklukan bermacam-macam gunung di Indonesia, mungkin telah memahami kegiatan mendaki gunung yang aman.

Tetapi bagi yang pertama kali mendaki gunung, ini ialah sesuatu pengalaman baru. Dalam benak para newbie pasti akan aman dan tak terjadi apa-apa. Tapi perlu kalian ketahui, alam bebas dapat mengeluarkan keganasannya pada manusia. Banyak hal-hal yang tak terduga-duga muncul berbahaya kita saat melaksanakan pendakian. Maka dari itu, persiapan mendaki gunung perlu dilihat. Apa sajakah Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Agar Selamat?

Persiapkan Jadwal Regu dan Pelajari Jalur Pendakian

Persiapkan jadwal sebelum melaksanakan pendakian amat berdampak kepada kelancaran pendakian. Pemilihan waktu yang pas sebaiknya dipilih pada waktu cemerlang. Jangan coba-coba mendaki saat musim penghujan. Sebab sekiranya mendaki ketika musim hujan, jalur yang kita daki menjadi sangat licin dan itu membahayakan keselamatan kita. Bentuklah juga tim yang salah satunya telah berpengalaman dalam mendaki gunung.

Kecuali itu, pelajari terlebih dahulu juga jalur yang akan kita daki. Jalanan pendakian pada lazimnya di Indonesia yang mempunyai pegunungan dengan tingkat trek kesusahan sedang tidak terlalu sulit untuk dipanjat. Berikutnya berdasarkan medan yang dilalui, pendakian dibagi menjadi tiga, adalah Hill walking (pendakian perbukitan dengan kelandaian yang relatif, sehingga tak perlu alat bantu yang dirancang khusus), Scrambling (mendaki tebing batu sehingga bagi pemula mesti memakai alat bantu yang aman), dan Climbing (pendakian yang harus memakai alat tolong khusus dan tidak cuma itu, diperlukan juga telah merajai teknik-teknik khusus dalam melaksanakan pendakian).

Kelengkapan yang Wajib dimiliki Untuk Mendaki Gunung

Mendaki Gunung
Mendaki Gunung

Mendaki gunung harus membawa kelengkapan yang jauh-jauh hari telah dipersiapkan. Mengingat di atas gunung yang kita temui yakni pepohonan yang rindang dan tak ada yang memasarkan perlengkapan yang kau butuhkan. Karenanya dari itu kamu mesti persiapkan Perlengkapan yang Wajib dimiliki Untuk Mendaki Gunung ialah: ransel tas (carrier/daypack), matras, ponco (jas hujan), sleeping bag plus perlengkapan untuk tidur, perlengkapan makan dan minum (sedia air minum yang cukup), baju tebal, sepatu gunung, senter, sarung tangan, obat-obatan pribadi, perlengkapan navigasi, dan kelengkapan pribadi lain yang perlu dibawa. Perlu diingat untuk kau, bawalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Karbohidrat digunakan untuk menjaga tubuh konsisten dalam situasi yang stabil.

Kiat Bila Tersesat di Gunung

Ada kiat penting yang sepatutnya kau ketahui bila tersesat di Gunung. Antara lain:

Ambil posisi duduk

Duduk dengan tenang, jangan ada kepanikan di dalam dirimu. Pikirkan dengan tenang dan cari posisi yang nyaman untuk duduk, istirahatlah tubuh Anda sebentar dengan makan dan minum sehingga Anda bisa berdaya upaya jernih. Kunci utamanya yakni jangan panik ya.

Mulailah berfikir

Pelan mulailah berpikir yang jelas amat diperlukan untuk menyelamatkan diri atau tim untuk keluar dari jalan yang salah. Cobalah untuk memikirkan apa yang menyebabkan Anda tersesat, perhatikan lingkungan, amati pedoman-pedoman yang diberi alam dan hindari seluruh keegoisan dan emosi kamu. Jaga emosional untuk dapat berfikir secara bening.

Observasi

Lihatlah kondisi sekitar. Apakah tubuh kau terluka, atau bisa cek perbekalan kau. Jika sudah aman segala barulah mulai langkah yang terakhir ini.

Mulai rencanakan untuk berjalan kembali

Mulai lakukan perjalan kembali. Namun jika salah satu dari tim kalian ada yang tak kuat melanjutkan perjalanan, betapa baiknya jangan diteruskan.

Itulah Kiat Seandainya Tersesat di Gunung. Yang kita inginkan pastinya tak terjadi apa-apa diberi kelancaran dalam perjalanan. Namun untuk berjaga-jaga pahami tips di atas ya guys.

Tips dan Tata Krama Naik Gunung

Dalam pendakian gunung, tingkah laku kita mesti kita jaga. Mengingat kita ialah pendatang. Layaknya tetamu, maka kita sepatutnya mempunyai upload-ungguh. Nah berikut Kiat dan Tata Krama Naik Gunung antara lain:

Jaga kesopanan

Kesopanan tidaklah termasuk dalam hukum yang tertulis secara gamblang. Tetapi, dengan kesopanan karenanya kita akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sopan santun yang harus dipakai yaitu dengan mengucap salam dikala menjelang area pendakian, saling menyapa antara pendaki lain ataupun warga sekitar pendakian, dan hormati adat istiadat ditempat hal yang demikian.

Jaga alam

Menjaga alam saat kita mendaki perlu dilihat jangan sampai kita merusak alam dengan membuang sampah sembarangan, teriak-teriak nggak jelas sehingga mengganggu binatang yang ada di sana, dan tak asal memetik pepohonan serta tidak buang hajat sembarangan ya sob.

Jangan menggunakan api secara berlebihan

Jangan sekali-kali membikin api unggun ketika pendakian. Pakai api sewajarnya, untuk memasak, atau sekedar untuk menyalakan rokok.

Larangan Ketika Naik Gunung

Ada juga pantangan yang patut kamu terapkan ketika naik gunung. Supaya tetap selamat ketika mendaki gunung maka kamu tidak boleh melakukan hal berikut, antara lain: meremehkan pendakian yang sedang dilakukan, sengaja meninggalkan sampah di atas gunung, jangan mencorat-coret sembarangan entah di pohon maupun bebatuan, membawa minum minuman beralkohol dan berniat untuk mabok-mabokan dan membunuh binatang ataupun mengambil bunga-bunga di pegunungan saat kamu daki.

Dengan memakai Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Supaya Selamat di atas, semoga bisa menghindarkan kawan-kawan segala dari hal yang tak di inginkan terjadi yang membahayakan diri kau. Salam Lestari kawan-kawan.