7 Rekomendasi  Wisata Edukasi saat Liburan Sekolah ke Bali

7 Rekomendasi  Wisata Edukasi saat Liburan Sekolah ke Bali

Rekomendasi  Wisata Edukasi saat Liburan Sekolah ke Bali – Bali tak pernah gagal memikat wisatawan dari didalam maupun luar negeri. Daya tarik Bali adalah tawarkan banyak variasi destinasi wisata, terasa pantai, gunung, danau, budaya, edukasi, dan lainnya. Saat musim libur sekolah seperti sekarang ini, wisata edukasi Bali mampu menjadi alternatif bagi para orangtua mengajak anak-anaknya bermain. 

Daftar Wisata Edukasi di Bali

Jadi, sembari berwisata anak-anak mampu beroleh pengetahuan bersama dan menyenangkan. Berikut anjuran wisata edukasi Bali yang sangat menggembirakan untuk si kecil

1. Taman Nusa

Terletak di desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Taman Nusa mampu menjadi destinasi wisata edukasi ini akan menyuguhkan bersama pengetahuan perihal beraneka kebudayaan dari beraneka wilayah di Indonesia.

Untuk memperkenalkan budaya Indonesia cukup unik, Taman Nusa menyajikannya didalam konsep perjalanan waktu. Para pengunjung akan diajak menjelajahi Indonesia di mulai dari masa sebelum akan merdeka, kemudian dilanjutkan bersama masa Indonesia saat kemerdekaan, hingga Indonesia di masa sekarang.

Taman Nusa punya 60 rumah tradisional dan beberapa di antaranya apalagi telah berusia ratusan tahun Selain itu, pengunjung juga diajak terjun langsung mempelajari kebudayaan daerah bersama aktivitas seperti membatik, menenun, hingga bermain alat musik. Kegiatan ini pastinya akan diarahkan langsung oleh pengrajin daerah asal masing-masing.

Setelah suka menjelajahi kebudayaan daerah, hal lainnya yang gak boleh dilewatkan saat berada di sini adalah museum menampilkan beraneka warisan budaya Indonesia. Seperti sekiranya Museum Wayang menunjukkan banyak variasi tipe wayang terasa dari Wayang Golek, Wayang Kulit hingga Wayang Suket, dan Museum Kain yang menampilkan beraneka koleksi tekstil seperti kain Ulos, Batik, Tenun Ikat dan masih banyak lagi.

2. Monumen Bajra Sandhi

Destinasi wisata edukasi di Bali terbaik wajib di kunjungi selanjutnya adalah Monumen Bajra Sandhi. Monumen yang bermanfaat sebagai tugu peringatan ini berada di jantung kota Denpasar, tepatnya di daerah Renon. Monumen Bajra Sandhi terasa dibangun terhadap tahun 1981 kemudian sempat terhenti dan dilanjutkan terhadap tahun 1987.

Arsitektur dari monumen ini adalah Ir. Ida Bagus Gede Yadnya, yang mendesain monumen ini supaya punya 17 gerbang pintu masuk, 8 pilar utama dan ketinggian 45 meter. Hal ini merupakan lambang perjuangan dan kemerdekaan rakyat Republik Indonesia terhadap 17 Agustus 1945. Selain itu, konsep arsitektur dari Monumen Bajra Sandhi juga sangat kental bersama arsitektur khas Bali bersama banyak ukiran dan pahatan yang sangat unik.

Pada lantai dua monumen juga terkandung museum yang menceritakan perihal peristiwa masyarakat Bali dari masa prasejarah, pertumbuhan peradaban rakyat Bali, peristiwa pertumbuhan kerajaan Bali, hingga perjuangan rakyat Bali didalam merebut kemerdekaan. Cerita perjuangan rakyat Bali ini digambarkan didalam 33 diorama. Oleh karena itu monumen ini juga kerap disebut sebagai Museum Bajra Sandhi.

3. House Of Alaia Studio

Gelang, cincin, kalung, dan accessories lainnya menjadi benda-benda cantik  banyak memikat kaum hawa. Tidak hanya cantik saat dipakai, perhiasan dan accessories juga punya nilai estetikanya tersendiri.

Jika kamu mendambakan studi membuat perhiasan sendiri bersama langkah tradisional, kamu mampu berkunjung ke House Of Alaia Studio, berlokasi di Canggu, Kuta Utara, Bali. Pengunjung dibebaskan memilih sesi cocok pilihan.

Menariknya, kamu akan beroleh inspirasi perihal model-model perhiasan cantik nggak banyak beredar di pasaran. Tidak hanya sebatas membuat perhiasan aja, sesi kursus yang ditawarkan mampu mempererat jalinan satu sama lain, loh. Seperti sekiranya kelas Couples Silversmithing dan Parent & Child Silversmithing.

4. Charly’s Chocolate Factory

Siapa tak suka makan cokelat? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa seutuhnya pun menyukainya. Dari cokelat kacang almond batangan, susu cokelat, dan kue cokelat. Makanan dan minuman apapun bersama rasa cokelat tentu nikmat.

Tak hanya populer bersama sajian ayam betutu, Bali juga punya olahan cokelat khas Bali yang enak. Jika mendambakan menikmati cokelat bersama situasi yang kekinian banget, kunjungi aja Charly’s Chocolate Factory.

Selain desain bentuk bangunannya yang unik seperti rumah kurcaci bersama sentuhan kearifan lokal, membuat daerah wisata ini tak luput dari spot foto selfie.Pengunjung mampu menikmati minuman cokelat khas daerah ini. Chocolatte lovers kudu datang, nih.

5. Taman Nasional Bali Barat

Indonesia punya kekayaan alam luar biasa, salah satunya, keindahan dan keanekaragaman tumbuhan tropisnya. Taman Nasional Bali Barat, terhadap Maret 2018 mendapat penghargaan sebagai “Best Top 100 Destination” di kota Berlin, Jerman. Tidak main-main, daerah wisata edukasi di Bali ini menyabet penghargaan 100 daerah wisata paling baik se-Asia Pasifik.

Lantas, apa sih yang membuat TNBB menjadi salah satu daerah wisata top yang dianggap dunia? Hal ini karena ada pengelolaan proyek ekowisata  baik bersama tujuan melestarikan alam. Di TNBB, kamu mampu bermain-main air dan berenang di Pulau Menjangan.

6. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park, atau dikenal sebagai Taman Safari Bali, merupakan salah satu kebun binatang di Bali. Para orangtua mampu mengenalkan anak bersama banyak variasi fauna di obyek wisata ini. Mengutip website Bali Safari & Marine Park, destinasi wisata ini merupakan rumah bagi lebih dari seribu satwa. Selain itu, Bali Safari & Marine Park ini adalah daerah konservasi satwa liar, langka, dan terancam punah di Indonesia.

7. Pulau Penyu Tanjung Benoa

Salah satu binatang langka  dilindungi oleh pemerintah Indonesia adalah penyu hijau. Ini mengapa, banyak terkandung daerah penangkaran penyu di beraneka wilayah di Indonesia, dan salah satunya terletak di pulau Bali.

Daerah Bali, tersedia 2 daerah penangkaran penyu hijau, yakni Tempat Wisata Tanjung Benoa dan Pulau Serangan Bali. Dari kedua daerah penangkaran penyu hijau tersebut, yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan di Bali adalah penangkaran penyu pantai Tanjung Benoa. Di daerah ini juga terkandung beberapa tipe penyu lain yang dilindungi dan hampir punah, seperti Penyu Lekang, Penyu Sisik, dan Penyu Pipih.

Hal ini karena obyek wisata air Tanjung Benoa Bali tawarkan paket wisata ke pulau penyu yang dikombinasikan bersama menyaksikan taman laut terlepas pantai manfaatkan glass bottom boat.Selain penyu hijau, daerah penangkaran penyu Tanjung Benoa, juga terkandung beberapa binatang lain seperti ular, burung elang, burung kakak tua, kelelawar, dan monyet. Di sini, akan ditemani pemandu wisata yang akan mengatakan seputar kehidupan penyu hijau di penangkaran. Sehingga daerah ini cocok kalau mendambakan destinasi wisata yang mampu meningkatkan wawasan.

Exit mobile version